Buku. Banyak makna/peran yang dianut para penyuka buku. Ada yang menganggapnya sebagai teman setia pengusir duka lara, sebagai hiburan, menambah wawasan, dll. Buku yang saya maksud yaitu buku bacaan seperti novel/buku motivasi, diary,  komik, buku pelajaran.

Kalau kamu suka baca buku pasti mau dong baca buku gratis. Iya gratis tanpa mengeluarkan uang. Lebih hemat. Uang yang tadinya untuk budget beli buku bisa digunakan untuk keperluan lain kan? Saya akan berbagi tentang beberapa cara untuk mendapatkannya. Mungkin salah satu atau dua, kamu sudah tau. Tapi nggak masalah kan ya saya tulis lagi. Hehe.  Langsung saja cekidot:

 

SATU. Pinjam dari teman.

Saya masih menyukai buku fisik. Enak aja gitu baca buku fisik daripada digital. Buku saya pun lebih banyak buku fisik. Saya seneng banget pinjem buku temen. Hehe. Tidak dibatasi berapa lama meminjamnya. Tidak dipungut biaya. Saya bayar dengan ucapan terimakasih & senyum tulus manis sampai dia meleleh. Hehe. Lalu saya dengan teman saling pinjam buku. Meskipun tidak dipunggut biaya, alangkah baiknya menjaga buku yang dipinjam. Jangan rusak ataupun robek. Kalau kamu yang sedang pinjam ya kamu saja yang baca. Jangan pindah ke orang lain ya. (*maafkan saya yang pernah merusak buku punya seseorang. Saya sungguh sangat menyesal. Hiks T.T)

 

DUA. Pinjam dari perpustakaan

Selain pinjam teman juga bisa pinjam ke perpustakaan. Bisa perpustakaan nasional, daerah, kampus, dan sekolah. Zaman now dampak kecanggihan teknologi, kita bisa membaca buku digital. Kamu pengguna smartphone android bisa download aplikasi iPusnas. Daftar & cara pinjamnya mudah. Namun, dibatasi waktu peminjaman. Belum lagi harus download bukunya juga. Pastikan memori di gadgetmu cukup ya. Next, saya akan review pinjam buku di iPusnas.

 

KETIGA. Pinjam di kafe buku

Apa tuh kafe buku? Itu loh kafe buku yang memanjakan pengunjungnya dengan banyak buku. Tentu mereka menyajikan makanan/minuman. Pembeli juga baca buku di sana. Kafe buku ini biasanya ada di kota-kota besar yaitu kota Jakarta, Depok, Bandung, Bogor & Tangerang. Beberapa ada yang boleh dipinjam bawa pulang seperti di  Zoe Reborn Library Cafe, Depok. Saya belum pernah berkunjung ke sana sih. Semoga kapan-kapan bisa kesana & menulis review-nya. aamiin.

 

KEEMPAT. Ikutan giveaway

Biasanya yang mengadakan giveaway adalah para komunitas buku, akun bookstagram, & penerbit. Saya pernah dapat buku gratis dari penerbit Kompas. Alhamdulillah. Kalau rezeki kan nggak kemana. Saran saya follow lah akun yang sering mengadakan giveaway. Jika ada event langsung ikutan & jangan lupa doa. Selamat mencoba.

 

KELIMA. Ikutan tukar buku

Pernah dengar tukar buku? Beberapa komunitas sudah ada yang mengadakan. Baik online maupun offline. Podluck Podcast contohnya. Tapi sepertinya sudah berakhir. Saya pun juga mengadakan tukar buku dan masih berlangsung loh.  Bagaimana caranya? Apa saja ketentuannya?

 

Tukar buku oleh mirnaaf

Gampang banget caranya kalau mau ikut. Asalkan kamu punya buku yang bersedia untuk ditukar. Jika saya cocok dengan buku yang kamu tukar, maka kamu bisa memilih buku milik saya. Satu buku ditukar dengan satu buku ya. Intinya kalau saling cocok bisa saling tukar buku.

Saya mengutamakan buku original, novel genre apapun, genre pengembangan diri, agama islam, komik. Jangan tukar dengan buku pelajaran ya, apalagi buku tulis. Wadidaw.

Bagaimana? apakah tertarik? Masih bingung? Silahkan tanya di kolom komentar atau hubungi sosmed saya ya. Dengan senang hati akan saya tanggapi.

 

Terimakasih telah membaca.

Salam literasi. Ayo baca buku ^^

 

Referensi :

https://www.rukita.co/stories/kafe-buku-jabodetabek/