Bismillah aku buat tips ini bukan untuk menggurui ya. tapi hanya ingin berbagi saja berdasarkan pengalaman. Buat kamu yang punya hafalan Quran, wajib menjaga hafalan Quran. Caranya ya dengan diulang-ulang. Pasti sudah pada hafal dong surat Al-Fatihah? Kenapa hafal? Karena dalam sehari diulang sebanyak 2+4+4+3+4 sama dengan 17 kali. Itu baru solat wajib belum solat sunnahnya. Jadi wajar dong ya, kalau cepet hafal dan gak lupa-lupa. Berlaku juga untuk surat-surat Quran yang lainnya. Kalau sudah hafal, selanjutnya ya harus diulang-ulang bacanya.  

Sebentar lagi kan juga bulan puasa. Yuk latihan memperbanyak baca Quran. Pastinya kamu akan mendapat pahala karena termasuk bagian dari ibadah. Semua tips dibawah ini sudah ku praktekkan kok. Jadi aman ya. Hehe. Ayok dah cekidot tipsnya :


  1. Pilih waktu yang tepat. Kalau aku pilih waktunya sesudah solat subuh dan sesudah solat magrib. Karena aku adalah pekerja, maka aku pilih waktu luang sebelum berangkat dan pulang kerja.
  2. Tempat yang tidak berisik, kondusif, dan nyaman. Selain memilih waktu, tempat juga penting loh. Karena mengulang hafalan dibutuhkan konsentrasi & perhatian penuh. Jadi jika dilakukan di pasar atau mall, malah belanja oi. 
  3. Buat pembelajar audio cocok banget nih. Kamu bisa download murottal Quran. Banyak banget kok di internet. Kalau favoritku adalah Ustadz Muflih Safitra dan Sheikh Assuraim. Setiap qori kan mempunyai irama, intonasi, nada yang berbeda. Jadi untuk metode mengulang hafalan ini, aku sarankan cukup pilih 1 qori aja ya. Biar fokus gitu loh. 
  4. Metode lainnya ada lagi. Aku pakai metode visual juga yaitu setia dengan 1 mushaf aja. Gak ganti-ganti. Karena kan ada Quran terbitan A beda halaman suratnya sama penerbit B. Waduh bingung deh. 
  5. Minta tolong orang terdekat untuk menyimak hafalan. Cara paling klasik banget ini. Bisa minta tebak surat, meneruskan ayat atau membaca keseluruhan surat. 
  6. Mengulangnya saat solat. Saat jadi imam, barangkali ada yang salah nanti makmumnya bisa memperbaiki. Hihi. Ya, ini cara paling tidak memerlukan banyak waktu & tempat. Klasik banget. Heuheu. 
  7. Ide lainnya nih sembari main juga. Tulis nomor surat yang kamu hafal di kertas. Lalu digulung taruh di dalam sedotan. Ketika muroja’ah bisa ambil sedotan berisi nomor surat tersebut. Harus acak ya! gak boleh pilih-pilih! Cara ini mirip seperti ambil nomor arisan ya? hehehe. Iseng-iseng berpahala gitu loh. Selain random dgn ambil nomer seperti arisan. Bisa juga random dari playlist murottal loh. Bisa play di laptop, handphone, atau dari gadget yang lainnya. 

Tips aka metode di atas dapat dirubah sesuai kondisi dan situasi masing-masing ya. Semoga bisa bermanfaat dan semangat meraih pahala sebanyak-banyaknya! ^^