cover: obatnya adalah paksa

Terinspirasi dari diskusi dengan teman. Perihal malas melakukan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya adalah membaca. Kenapa harus membaca? Bagaimana caranya agar punya kebiasaan membaca?

Kalau saya pribadi, masalahnya adalah suka menunda-nunda menulis. Kadang-kadang juga malas membaca sih. Hehe. Tapi yang paling parah itu menunda menulis. Katanya mau jadi blogger profesional. Katanya hobi menulis & membaca. Berbanding terbalik dengan kenyataan. Justru kedua hal ini sering ditunda. Alpa dilakukan. Keasyikan main gadget. Berselancar di dunia maya. Haduh. Tepok jidat. Payah banget nih.
😫

Berikut ada 7 langkah yang bisa kamu lakukan. Saya rangkum & sharing dari pengalaman pribadi. Baca sampai akhir ya.

Langkah pertama adalah luruskan niat. Kegiatan apapun itu harus ada niatnya. Butuh penggerak. Kenapa sih aku harus melakukan itu? Padahal kan lebih enak rebahan, nonton TV, ghibah, makan mie, main sosmed. Kenapa oh kenapa. Coba cari STRONG WHY versimu. Kalau sudah dapat tempel di dinding kamar. Jika malas datang obatnya adalah PAKSA. Lalu ingat-ingat lagi strong why mu.

Sama halnya seperti ibadah. Awalnya dipaksakan,  seiring berjalannya waktu jika dilakukan secara terus menerus akan menjadi kebiasaan. Memang  awalnya terasa berat. Maka dari itu, kamu harus tau apa sih manfaat yang didapat dari membaca daripada rebahan. Misalnya seperti itu.

Langkah kedua adalah tetapkan waktu. Kalau mau baca jam 7 malam, ya lakukan. Harus konsisten. Catat jadwalnya. Atau bawa ke manapun bukumu. Baca buku bisa dilakukan sambil menunggu bis datang, dalam perjalanan, menunggu antrian, dll.


Langkah ketiga adalah buat target. Berapa banyak buku yang akan kamu baca tahun ini? Kalau susah bisa buat target per bulan. Saya sendiri buat target 30 buku di tahun 2020. Ada program reading challenge di website goodreads. Nantinya bisa share ke sosmedmu.


Langkah keempat. Setelah melakukan tahap di atas, deklarasi kan tekadmu ini. Ikut reading challenge di goodreads. Umumkan di sosmed dan orang di rumah. Minta bantuan orang rumah juga buat ngingetin dan nagihin. Kayak debt collector aja.
😁

Langkah kelima adalah gabung komunitas. Keuntungan bergabung dengan komunitas itu jadi punya semangat lebih untuk membaca. Selain itu bergabung dengan komunitas bisa punya teman berbagi diskusi, kesempatan menang giveaway (kalau mengadakan), dan ajang pinjam buku. Hehe.
Banyak kok komunitas baca. Contohnya ada komunitas Goodreads indonesia,  indoreadgram, dll.


Langkah keenam, kasih hadiah buat diri sendiri jika telah memenuhi target. Evaluasi jika tidak memenuhi target. Hadiah nggak usah mahal. Lakukan aktivitas menyenangkan sudah bisa jadi hadiah. Misalnya jalan-jalan, makan mie, nonton acara favorit, dll.


Langkah ketujuh adalah ikut program tukar buku. Kamu bisa punya buku baru tanpa beli loh. GRATIS! Gimana caranya? Coba baca di sini ya --> cara gampang mendapatkan buku gratis

Sekian. Semoga bermanfaat.

Salam literasi. Ayo baca buku ^^