Tere Liye Tentang Kamu


Judul buku                          : Tentang Kamu

Penulis                                : Tere Liye

Penerbit                              : Republika

Jumlah halaman                 : 524

Tahun terbit                       : 2016

 

Terimakasih untuk kesempatan mengenalmu, itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan kita.

 

Kalimat di atas adalah sinopsis & kalimat mutiara (quotes) dalam buku ini. Buku yang ber-genre fiksi, detektif, ini sungguh unik. Alurnya flashback gitu. Ceritanya ada seorang pegawai hukum firma sedang menyelidiki kasus kliennya. Nama kliennya adalah Sri Ningsih. Memiliki banyak harta warisan tapi tidak punya anak ataupun keluarga. Jadilah si Zaman (pegawai hukum firma) menelusuri jejak kehidupan Sri.

Dia harus terbang ke Indonesia. Menuju Sumbawa, Surakarta, Jakarta, London & Paris. Hidupnya Sri ini banyak sekali cobaan. Memakai sudut pandang ketiga yang serba ingin tahu. Tere Liye sepertinya tega banget sama Sri Ningsih. Sejak masih kecil sampai usia dewasa. Ujian kehidupannya berat sekali.

Saya secara pribadi suka sekali dengan buku karya Tere Liye. Banyak kalimat mutiara, pesan moral, hikmah pelajaran yang bisa diambil. Meskipun fiksi yang berarti kisah karangan. Saya pun bertanya-tanya, ada tidak ya Sri Ningsih dalam kehidupan nyata? Ujian hidupnya banyak bertumpuk berat sekali. Saya pun tidak akan sanggup.

Rasa-rasanya novel Tere Liye itu alurnya sama semua ya. Pasti ada flashback-nya & pakai sudut orang ketiga yang serba tahu. Haha. Menurut saya ya.


Berikut beberapa kalimat mutiara yang menurut saya bagus:

  • Terimakasih untuk kesempatan mengenalmu, itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan kita. (hal.408)
  • Terimakasih atas pelajaran tentang keteguhan. Aku tau sekarang, pertanyaan terpentingnya bukan beberapa kali kita gagal. Melainkan berapa kali kita bangkit lagi, lagi dan lagi setelah gagal tersebut. (hal.210)
  • Jika kita gagal 1000x, maka pastikan kita bangkit 1001x. (hal.210)


Mau baca novel ini juga? Ih boleh banget. Ini buku asli original ya. Ada tanda tangan penulisnya loh. Kamu bisa beli buku ini. harganya Rp 37.000 . atau mau tukar buku dengan saya juga bisa. Tertarik? Atau masih ada yang belum dipahami komen aja ya.

 

Terimakasih telah membaca.

Salam literasi. Ayo baca buku ^^