Hari ini saya akan mengulas sebuah buku yang berjudul On The Road, karyanya Baban Sarbana. Buku ini terbit tahun 2009. Penerbitnya adalah Quanta, imprint dari PT Elex media Komputindo. Buku ini memiliki 178 halaman.

Buku ini saya dapat gratis dari seseorang yang tidak begitu saya kenal di Instagram. Terimakasih ya. Lupa siapa namanya. Awal niatnya sih mau tukar buku, eh dia malah ngasih buku. Yasudah lah.

Sebagai pekerja yang sehari-hari menggunakan transportasi umum. Saya sangat tertarik dengan buku ini. Cerita hati pengguna kereta api. Begitu lah sedikit gambaran dari buku On The Road. Berisi kumpulan cerita nyata yang terjadi di angkutan umum. Kebanyakan sih di KRL. Tapi ada juga kejadian ketika naik angkot, dan ojek.


Cerita yang ditulis oleh seorang blogger. Penulis ini pintar membaca situasi. Memindahkan keadaan sekitar menjadi sebuah bacaan. Ada cerita lucu, informasi berguna, dan kisah mengandung hikmah. Buku ini beredar ketika fenomena viral Ponari 'batu ajaib' dan masa kampanye pemilihan presiden SBY Megawati. Kok saya tahu? Karena memang diceritakan dalam buku tersebut. Hehe. 

 

Hal yang saya sadari setelah membaca buku ini adalah kemajuan KRL. Saat penulis naik KRL, masih ada penumpang yang duduk di atas gerbong. Kalau sekarang (tahun 2020), tidak ada lagi penumpang yang duduk di atas gerbong. Selain itu, juga banyak kesamaan dulu (tahun 2009) dengan sekarang. Yaitu pencopet dalam kereta, penumpang dari luar Jakarta menuju Jakarta. Memang nampaknya Kota Jakarta selalu menggoda untuk dinikmati.


Alhamdulillah saya jarang sekali naik KRL. Setiap ingin naik KRL memikirkan penumpang yang berdesak-desakan. Bau. Ada copet. Padat penumpang. Transportasi umum yang sering saya naiki yaitu angkot, Transjakarta, dan ojol. Favorit saya busway Transjakarta. Kalau dapat tempat duduk & cepat sampai tujuan. Haha. Jadi rindu berpergian naik transportasi umum. 

 

Judul : On The Road (Cerita hati pengguna kereta api)

Penulis : Baban Sarbana

Penerbit : Quanta

Terbit tahun 2009

178 hlm

ISBN 978-979-27-540-6

 

Mau baca buku ini juga? Yuk tukar buku atau kamu bisa beli buku ini dengan harga Rp 10.000

Berminat? Bisa hubungi saya di instagram @mirnaaf_ 

Terimakasih dan salam literasi 

Ayo baca buku ^^