Hei yo gaes.... Sudah baca buku belum hari ini? Baca buku apa? 

Kali ini saya akan mengulas bukunya Paula Hawkins yang berjudul Into The Water.  Sebelumnya dia juga menulis buku dengan genre yang sama girl on the train. Buku tersebut termasuk best seller dan telah difilmkan. Ada yang udah pernah nonton filmnya? 

Buku ini cocok banget buat kamu yang suka genre thriller kriminal. Thriller disini agak mengarah ke suasana yang mencekam. Nggak ada cerita hantu kok. Kalau adegan kriminal nya adalah pembunuhan, di mana ada tersangka dan korban. 

 

Kalau nggak salah belinya di ..... 

Saya beli buku ini ketika pameran buku. Kalau nggak salah di Indonesia internasional Book Fair (IIBF). Itu tahun 2019 Kalau tidak salah. Lupa lupa ingat. hehe. Dan tahun 2020 ini,  Indonesia International Book Fair mengadakan bazarnya secara virtual. Jadi kamu nggak perlu capek-capek harus ke Senayan, Jakarta. Tinggal kamu diem di rumah kamu bisa ikut webminarnya & belanja dari rumah.

Tapi enggak enaknya mungkin jadi euforianya tuh beda ya. Ikut seminar yang bisa dari rumah tinggal koneksi sama internet. Kamu duduk di depan gadget di kamarmu mantengin pembicaranya sedang membahas apa saja. Jadi nggak perlu rebutan kursi tapi mungkin harus cepat-cepat registrasi. Mungkin ada biayanya atau bisa jadi gratis. Entahlah. Nggak tau juga sih. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Indonesia internasional Book Fair.  

Saya sudah download aplikasi ipusnas mungkin kapan-kapan akan di-review. Buku di ipusnas bagus-bagus buku keren deh MasyaAllah. Aku udah buat daftar buku apa aja yang mau aku baca di ipusnas. Namun, sampai sekarang tuh belum dieksekusi. Mungkin daftar buku yang mau aku baca kira-kira ada 10 kali ya. Ada bukunya Tere Liye, Andrea Hirata, Ahmad Tohari, Joko pinurbo dan Sapardi Djoko. 

Beberapa ada buku yang penulisnya itu dari luar negeri. Genrenya jga banyak misalnya tentang buku kesehatan, buku motivasi, dll.  Mungkin aku harus mencobanya untuk pengalaman yang baru. Membaca buku dari ipusnas.


Secara garis besar begini ceritanya

Bercerita tentang sebuah sungai di sebuah kota. Masyarakat disana menyebut sungai itu sebagai 'kolam penenggelaman'. Korbannya kebanyakan perempuan. Fokus pada novel ini adalah seorang orang janda dengan satu anak perempuan dan anak perempuan yang dia adalah teman dari anak sih janda itu. Nama seorang janda tersebut adalah Nel Abbott. Sedangkan nama anak sekolah tersebut adalah Katie. 

Di sini juga menceritakan tentang misteri kenapa sih Nel dan Katie bisa tenggelam di sungai tersebut. Bukunya tebal  ada 476 halaman. Menurutku keren sih buku ini. Baca buku ini tuh seperti lagi nonton filmnya. Menurut saya, karena deskripsi nya tuh benar-benar yang bagus banget. Penulis mendeskripsikan tentang perasaan keluarga & sahabat si korban. Perihal konflik batinnya terhadap korban.

Kisah dari tenggelamnya Nel dan Katie menyisakan kepedihan untuk keluarga yang ditinggalkan. Buku ini menggunakan banyak sudut pandang dari para tokoh cerita. Yaitu sudut pandang dari adeknya Nel, dari detektif polisi, ibunya Katie, ayahnya Katie, adiknya Katie, dan anaknya Nel. Kadang saya sampai bingung ini orang siapa, hubungannya apa sama si korban.  Total sudut pandang bercerita adalah dari 9 orang. Pembaca disuruh menebak sendiri hubungan dari tokoh tersebut dengan korban.

Saya adalah  tipe orang yang penasaran gitu ya sama akhir cerita. (juga suka spoiler. Haha) Saat baru baca bab 1, saya langsung menuju ke halaman belakang. Sumpah gak ngerti. Jadi terpaksa kok terpaksa ya. Iya jadi terpaksa  bacanya dari depan pelan-pelan mengikuti ceritanya. Membuka semua halaman. Ternyata oh ternyata Paula memberikan plot twist. So, harus pelan-pelan membaca semua halaman di buku ini. 

Ada bagian buku yang saya kurang suka. Yaitu saat ada adegan kekerasan. Di mana ada darah dan itu di deskripsikan secara detail. Ngeri dong. Maka dari itu saya bacanya cepet dan banyak yang di-skip. Meskipun demikian,  Ya Allah Ya Rab, parah banget nih buku. Buat saya baca buku ini seperti sedang menonton film. Keren banget penulisnya. 

Saya tidak akan memberikan spoiler.  Kalau kamu mau tahu akhir kisahnya ya baca aja bukunya.  Kamu mau baca buku ini? Ayo tukar buku sama aku. Atau bisa beli buku ini harganya Rp 50.000 saja.  Caranya gimana? Klik di sini. 


Ini adalah sinopsis nya : 

Sungai itu indah. Penampilan yang menipu karena sebenarnya itu adalah tempat paling mematikan di seluruh penjuru kota. Airnya yang gelap dan ingin menyembunyikan apa yang ada di bawahnya. 

Salah satu sudut nya dikelilingi tebing batu tinggi yang menggoda mu melongok ke tepi. Nama berabad-abad telah merenggut banyak nyawa. Semuanya perempuan. Kebanyakan tidak bernama tidak berwajah. sungai itu memikat mereka yang tidak beruntung yang putus asa yang tidak bahagia yang tersesat agar datang ke sana. Mereka menyebutnya kolam penenggelaman. 

Kini sungai itu kembali menelan korban. Nel Abbott. wanita yang bertekad untuk menyingkap kasih sungai itu dan menuliskan kisah-kisah nya. Kali ini semua orang mendapat kesempatan untuk mencari tahu penyebabnya. Alasannya kenapa dan bagaimana?

Apakah dia jatuh? Apakah dia bunuh diri? Apakah dia... dibunuh?  

 


 

Info tentang buku ini:

Judul buku      : Into The Water

Penulis             : Paula Hawkins

Penerbit           : Noura Publishing 

Tahun terbit     : 2017

Halaman          :  476

ISBN               : 97860 23853366

 

Kamu udah baca buku ini belum? Kalau sudah yuk ngobrol di kolom komentar.

 

Terimakasih telah membaca.

Salam literasi. Ayo baca buku! ^^