”Bentuk tertinggi kekayaan adalah kemampuan bangun setiap pagi dan berkata: saya bisa melakukan apapun yang saya inginkan hari ini". (halaman 72)

Hem... lumayan "berat" nih bukunya. Beberapa paragraf harus dibaca berulang kali. Apakah karena buku terjemahan ya? Tapi, kalau misalnya aku baca buku terjemahan belum tentu paham (untuk sementara ini) . Hehe.

Buku "berdaging" ini sangat membutuhkan garis yang dibawahi & sticky note. Buanyak kali nih yang aku tandai. hehe. Berikut beberapa hal yang aku dapatkan dari buku terjemahan ini :

  1. Pada setiap perencanaan keuangan, persiapkan juga kegagalan. Supaya tidak kaget jika itu terjadi.

  2. Cara berinvestasi seseorang jangan dijadikan patokan. Karena arena bermainnya berbeda. Boleh terinpirasi tapi bukan pedoman

  3. Jika punya kendali terhadap waktu, maka waktu merupakan keuntungan terbesar dalam hidup.

  4. Menabung lah meskipun tidak tau untuk apa. Karena dunia penuh dengan kejutan dan hal tak terduga. Menabung untuk dana darurat, untuk berjaga-jaga keperluan di masa depan.

  5. Dalam investasi ataupun jual beli, terdapat keuntungan kerugian dan resiko. Semuanya ada dan dimaklumi saja.

  6. Jika suatu saat mendapat kerugian, itu tidak seburuk kelihatannya kok. Ambil pelajaran dari situ dan bangkit lagi.

  7. Gaya hidup dan gengsi terbukti dapat mempengaruhi penurunan jumlah tabungan. Hindari suka pamer dan beli-beli hanya untuk membuat orang terkesan. 

  8. Uang lebih mengandalkan psikologi daripada pengetahuan keuangan. 

  9. Jangan suka berhutang. Hutang itu akan menghancurkanmu. 

  10. Cukup berarti tidak terlalu sedikit. Seimbang antara banyak dan sedikit. Bisa diterapkan pada investasi bisnis dan hal lainnya. Merasa cukup perlu ada sebelum potensi kerugian datang.

Secara keseluruhan, buku ini banyak istilah ekonomi daripada istilah psikologi. Sehingga membuatku agak bosan. hehe.  Gak sia-sia pinjam buku ke adik. Keren nih bukunya. Sangat rekomendasi untuk dimiliki. This book is worth to buy.

Blurb 

Kesuksesan dalam mengelola uang tidak selalu tentang apa yang anda ketahui. Ini tentang bagaimana anda berperilaku dan perilaku sulit untuk diajarkan bahkan kepada orang yang sangat pintar sekalipun. Atau orang jenius yang kehilangan kendali atas emosinya bisa mengalami bencana keuangan. Sebaliknya orang biasa tanpa pendidikan finansial bisa kaya jika mereka punya sejumlah keahlian terkait perilaku yang tak berhubungan dengan ukuran kecerdasan formal. 

Uang – investasi, keuangan pribadi dan keputusan bisnis biasanya diajarkan sebagai bidang berbasis matematika, dengan data dan rumus memberitahu kita apa yang harus dilakukan. Namun di dunia nyata orang tidak membuat keputusan finansial di spreadsheet. Mereka membuatnya di meja makan, atau di ruang rapat, di mana sejarah pribadi, pandangan unik anda tentang dunia, ego, kebanggaan, pemasaran dan berbagai insentif bercampur.

Dalam The Psychology of Money, penulis pemenang penghargaan Morgan Housel membagikan 19 cerita pendek yang mengeksplorasi cara-cara aneh orang berpikir tentang uang dan mengajari Anda cara memahami salah satu topik terpenting dalam hidup dengan lebih baik. 

 

sumber : ig mirnaafmembaca

IDENTITAS BUKU

Judul : The Psychology of Money

Penulis : Morgan Housel

Penerjemah : Zia Anshor

Penerbit : Penerbit Baca

Tahun terbit : Mei 2021

Jumlah hal : 236 halaman

Nomor ISBN : 9786026486578

 

Kata-kata penting 

. hal 19

Keberuntungan dan resiko sama-sama merupakan realitas Bahwa tiap hasil dalam individu dipengaruhi kekuatan-kekuatan selain upaya Individual. Keduanya sangat mirip sehingga kita tak bisa percaya salah satunya tanpa juga menghormati yang lain. 

. hal 26

pelAjaran yang bisa diterapkan mencari pola umum keberhasilan dan kegagalan. makin lazim polanya makin bisa dipakai dalam hidup. Jika keberhasilan investasi itu sukar karena hasil investasinya sangat ekstrem sehingga peran keberuntungan dalam hidupnya mungkin besar dan keberuntungan bukan sesuatu yang bisa ditiru. 

 

. hal 27

Namun yang lebih penting adalah bahwa sebagaimana kita mengakui peran keberuntungan dalam keberhasilan, peran risiko berarti kita harus memaafkan diri dan memberi ruang untuk pengertian kita menilai kegagalan. tak ada yang sebagus atau sejelek kelihatannya. 

. hal 36

Cukup adalah menyadari bahwa yang sebaliknya — nafsu menginginkan lebih yang tak puas-puas – akan mendorong Anda ke titik penyesalan. 

. hal 47

Investasi bagus bukan hanya membuat keputusan bagus, melainkan secara konsisten tidak membuat kesalahan besar. 

. hal 54

Merencana itu penting tapi bagian terpenting adalah merencanakan rencana yang tak berjalan sesuai rencana. 

. hal 63

Keberhasilan sebagai investor ditentukan oleh cara menanggapi beberapa momen mengerikan, bukan bertahun-tahun yang dihabiskan dengan lancar. 

. hal 72

Bentuk tertinggi kekayaan adalah kemampuan bangun setiap pagi dan berkata "saya bisa melakukan apapun yang saya inginkan hari ini". 

Kemampuan berbuat apa yang diinginkan, kapanpun anda mau, dengan siapapun yang anda kehendaki, selama yang anda bisa, tak ternilai itulah dividen tertinggi yang diberikan uang. 

. hal 74 

Lakukan sesuatu yang disukai di jadwal yang tak bisa dikendalikan bisa terasa sama dengan melakukan sesuatu yang dibenci. 

. hal 80

Kendali atas waktu adalah dividen tertinggi yang diberikan uang. kendali atas waktu berpengaruh terhadap kebahagiaan.  

. hal 82

Orang lain sering tidak mengagumi Anda, bukan karena mereka tak menganggap kekayaan harus dikagumi, melainkan karena mereka menggunakan kekayaan anda sebagai patokan untuk hasrat mereka sendiri disukai dan dikagumi. 

. hal 90

Dunia penuh orang yang tampil sederhana tapi sebenarnya memiliki kekayaan dan orang yang tampil kaya tapi hampir bangkrut. Ingat itu ketika menilai keberhasilan orang dan menetapkan tujuan sendiri. 

. hal 93

Hasil investasi bisa membuat anda kaya. Namun ampuhnya suatu strategi investasi, berapa lama ampuhnya, dan apakah pasar mendukung, selalu tidak pasti. Hasilnya diselubungi ketidakpastian. 

. hal 94

Belajar berbahagia dengan lebih sedikit uang menciptakan kesenjangan antara apa yang anda miliki dan apa yang anda inginkan. 

. hal 96

Orang dengan keberhasilan keuangan yang tahan lama— tak mesti orang berpendapatan tinggi — cenderung punya sikap tak peduli apa pikiran orang lain terhadap dirinya. 

. hal 96

Tabungan bisa diciptakan dengan pengurangan belanja. Anda bisa berbelanja lebih sedikit Jika menginginkan lebih sedikit. Anda akan menginginkan lebih sedikit jika anda mengurangi memusingkan Apa yang dipikirkan orang lain mengenai anda. 

Uang lebih mengandalkan psikologi daripada pengetahuan keuangan. 

. hal 96

Menabung untuk berjaga-jaga terhadap kemampuan kehidupan untuk mengagetkan Anda pada waktu yang paling tidak pas. 

. hal 97

Menabung tanpa sasaran pembelajaran memberi Anda pilihan dan Keluwesan, kemampuan menunggu, dan kesempatan menyambar. Anda jadi punya waktu untuk berpikir. Anda jadi bisa berubah arah atas kemauan sendiri. 

. hal 99 

Lebih banyak kendali atas waktu dan pilihan, makin menjadi salah satu hal paling berharga di dunia. 

. hal 117 

Pelajaran yang tepat untuk diambil dari hal-hal yang mengagetkan adalah bahwa dunia itu mengagetkan. Peristiwa paling penting dalam ekonomi pada masa depan adalah yang tidak pernah ada dalam sejarah, yang belum pernah terjadi. Karena belum pernah terjadi kita tak akan siap menghadapinya. Itu berlaku untuk peristiwa menakutkan seperti resesi dan perang. 

. hal 125

bagian paling penting semua rencana adalah merencanakan rencana Anda tak berjalan sesuai rencana.  

. hal 131 

Titik kegagalan paling besar dalam uang adalah hanya mengandalkan satu gaji untuk mendanai belanja jangka pendek, tanpa tabungan untuk bantalan antara belanja masa kini dan belanja masa depan. 

. hal 133

Yang bisa menjebak adalah hutang. Berutang untuk menghasilkan uang mendorong risiko rutin menjadi sesuatu yang bisa menghancurkan. 

. hal 140

Ahli psikologi berkata di tiap tahap kehidupan, kita membuat keputusan yang akan banyak mempengaruhi kehidupan kita pada masa depan dan ketika kita berkembang kita tak selalu senang dengan keputusan yang kita buat dulu. Jadi orang-orang membayar untuk menghilangkan tato yang dulu mereka buat dengan membayar ketika remaja. 

. hal 163

Hati-hati kalau mengambil petunjuk finansial dari orang-orang yang melakukan permainan yang berbeda dengan anda. 

. hal 196

Usahakan bersikap rendah hati ketika keadaan baik dan memaafkan ketika keadaan buruk. Karena keadaan tak pernah sebaik atau seburuk kelihatannya. Dunia ini besar dan kompleks. Keberuntungan dan risiko sama-sama nyata dan sukar dikenali. Hormati kekuatan keberuntungan dan risiko. 

. hal 198

Jadilah lebih baik hati, jangan pamer. Tak ada yang terkesan dengan harta Anda melebihi anda sendiri. Boleh jadi anda berpikir ingin mobil mewah dan arloji mahal. Namun sebenarnya menginginkan rasa hormat dan kekaguman. 

. hal 198 

Menabung menabung saja, tak perlu alasan khusus untuk menabung. 

. hal 199

Hindari ujung-ujung ekstrem keputusan keuangan. Tujuan dan hasrat tiap orang akan berubah seiring waktu dan makin ekstrim keputusan Anda pada masa lalu, makin besar penyesalan anda ketika anda berkembang. 

. hal 203

Kemandirian selalu menjadi tujuan keuangan pribadi saya. Mengejar hasil terbesar atau menjaminkan aset saya untuk hidup semewah mungkin itu tak menarik bagi saya. Keduanya tampak sebagai permainan yang dilakukan orang untuk membuat kawan-kawannya terkesan, dan punya risiko tersembunyi. Saya biasanya hanya ingin bangun setiap hari dengan mengetahui keluarga saya dan saya bisa melakukan apapun yang kami ingin lakukan semau kami. Tiap keputusan finansial yang kami buat seputar sekeliling tujuan itu. 

. hal 204

Bisa bangun pada suatu pagi dan berubah pekerjaan semau kita, kapanpun, tampak seperti puncaknya segala tujuan keuangan. Bagi saya, kemandirian bukan berarti berhenti bekerja. Artinya anda hanya melakukan pekerjaan yang anda suka dengan orang yang anda suka pada waktu yang anda inginkan selama anda mau. 

. hal 207

Laporan pertama penumpukan adalah jangan pernah mengganggunya kalau tak perlu.