“Banjir gak ya stasiun tawang? Banjir gak ya stasiun Jatinegara?”. Itulah yang aku pikirkan ketika akan pulang ke Bekasi. Galau tingkat tinggi. Hehe.

Musim hujan di awal tahun ini membawa bencana. Banjir, tanah longsor dan yang paling baru adalah gempa bumi yang berpusat di Bantul Yogyakarta. Akibat langsung dari banjir yaitu penyakit, lumpur dimana mana, kerugian karena barang-barang basah kena banjir. Kemudian dampak tidak langsung dari banjir yaitu harga makanan mahal, penundaan jadwal kereta dan pesawat, kelaparan, rusaknya infrastruktur, dll.

Dari sekian banyaknya dampak banjir yang ditimbulkan tersebut, apakah ada keuntungannya ?

Tentu ada untuk sebagian orang yang jeli mencari peluang. Apa saja? Banyak kalau mau disebutin. Ada para pendorong gerobak (banjir Jakarta), parpol, calon capres dan cawapres (pencitraan untuk mencari simpati masyarakat), penjual jas hujan, payung, dll.

Musibah banjir yang melanda sebagian wilayah Indonesia ini banyak hikmah yang dapat kita ambil, jika ingin merenung dan berpikir sejenak. Masalah klasik tiap tahun yang dialami ibukota Indonesia ini terus saja terjadi. Pemerintah dan warga daerah langganan banjir di Jakarta sepertinya tidak belajar banyak dari pengalaman. Bahkan, dapat dikatakan banjir tahun ini lebih parah dari tahun lalu. Ketika banjir, mereka pun saling menyalahkan. Kalau terus menyalahkan seperti ini apakah ada jalan keluarnya?

Manusia memang selalu mengeluh. Aku jadi ingat status fb seorang teman “hujan ngeluh, panas juga ngeluh. What do you want?”.  

Disisi lain, aku dan keluarga yang tidak mengalami musibah banjir merasa bersyukur. Untuk para korban banjir, aku hanya dapat berdoa dan mengirim sebagian rezeki untuk mereka. Akhir kata #PrayforIndonesia #PrayforManado #PrayforPalestine. Loh?


Kesimpulan dari tulisan yang terinspirasi dari musibah banjir ini adalah bahwa hujan dapat membawa rezeki dan ujian. Jadi, jika mendapat musibah banjir bersabarlah. Setiap ujian yang diberikan olehNya pasti mempunyai hikmah. Ambil dari sisi positifnya. Karena berpikir positif dapat memberikan manfaat, salah satunya adalah dapat mengambil keputusan yang benar. Dan masih banyak manfaatnya, coba klik disini

Sekian dulu deh. Semangat dan teruslah berkarya !!! Hohooo.  ^o^