Saya buat tulisan ini pas lagi zaman arus balik mudik dan sebagian udah ada yang masuk kerja/sekolah. Baru sempet nulis. Maaf. Hehe. Ini pengalaman saya ketika mudik ke Semarang menggunakan mobil pribadi. Ini bukan mudik pertama loh. Saya udah sering banget mudik ke Jawa Tengah. Hanya karena mudik ini terasa berkesan dan inspirasi menulis datang.

Sebelumnyaaa... woooaaaah. Intermezo dikit yaa.  Udah lama gak nulis di blog. Karena banyak kegiatan yang bejibun banyaknyaa, karena banyak pikiran. Saya ingin jadi penulis yang memiliki banyak karya, bisa menulis buku best seller karyanya banyak dibaca banyak orang. Pengen banget lah. Tapi belum tau caranyaaa. Galau. Intinya sih galau. Belum tau mau berguru ke siapa. Belum punya pembimbing. Et dah.. haha.

Lanjut tentang mudik. Jadi begini, sebelum mudik itu kita harus banyak mempersiapkan segala sesuatu. Jauh-jauh hari disiapkan yaaa. Ini saya mau berbagi tentang hal yang harus diperhatikan ketika melakukan mudik. 

1.       Harus banget nih, tau ttg informasi mudik. Misalnya kamu mau mudik menggunakan mobil pribadi, berarti harus tau jalan alternatif mana saja yang bisa dilalui. Seperti pengalaman saya kemarin melewati jembatan Comal yang roboh. Mensiasati dengan berangkat lebih pagi. Karena memang macet jalannya.

2.       Pastinya cek kendaraan pribadi yang akan digunakan untuk mudik. Kalau mudik pakai kereta gak perlu ngecek keretanya. Kan ada petugasnya. Wkwkwkw.

3.       Perhatikan rumah yang akan kamu tinggal. Sebelum ditinggal di cek dulu. Matikan kompor dan hal-hal yang tidak diperlukan. Kalau bisa sih ada orang yang mau jagain rumah. Misalnya satpam komplek perumahan. 

4.       Nah, bawa bekal buat di kendaraan. Biar gak bosen gitu. Bisa membawa buku bacaan. Gadget. Tapi kalo di kendaraan umum hati-hati loh. Dilirik maling...takuut. 

5.       Bekal selanjutnya adalah makanan. Kalau bawa makanan sendiri dari rumah dijamin lebih hemat, bersih dan murah. Pengalaman membuktikan kalau pemudik yang beli makanan di perjalanan mudik harganya dimahalin. Bisa 2x lipat nya. Gak asik deh. 

6.       Bawa barang-barang, pakaian seperlunya aja. Membawa pakaian pertimbangkan pergi berapa hari. Bisa nyuci atau enggak disana. 

7.     Yang terakhir nih, kutipan dari aktor komik Indonesia Si Juki “Pastikan Anda punya kampung halaman sebelum mudik”

Sekian pengalaman mudik lebaran 2014. Semoga bisa bermanfaat yaaa. Yang baca nih tulisan saya ucapkan terimakasiiih banyaak. Mohon maaf lahir batin. Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian. Semoga kita bisa bertemuu bulan Ramadhan berikutnya. Aamiin. \(^o^)/~~~~