Apakah kamu pernah mengalami muntah? Ataukah pernah mengalami sakit gangguan pencernaan seperti diare? Hem... ku rasa hampir setiap orang pernah mengalaminya. Apa ya penyebab dari diare? Bagaimana proses penyakit di dalam tubuh kita? Eits, simpan semua pertanyaan itu. Ada komik terbaru dari Ciayo yang akan menjawab pertanyaan tersebut. Judulnya adalah  “LEUCADEMY”. Komik yang tayang perdana tanggal 08 Desember 2018 ini, diciptakan oleh Tahta Lazuardy Benu.

Bercerita tentang pasukan sel darah putih yang bernama Leucademy. Mereka beranggotakan 4 personil. Nama mereka pun diadaptasi dari jenis-jenis sel darah putih. Mereka adalah Mono si monosit, Bass si basofil, Yusi si eusinofil dan Netro si netrofil.

Kota Organopolis, di mana Leucademy ditugaskan. Di dalamnya ada berbagai distrik yang tidak lain adalah bagian vital organ tubuh manusia. Seperti distrik hati, distrik lambung, terowongan esofagus, pintu sphincter, dll.  Yang serunya organ manusia ini diilustrasikan dengan full color dan sangat menarik. Laiknya kota sungguhan. Ada para sel pekerja sedang menambal dinding pembuluh darah diilustrasikan seperti tukang bangunan. Selain itu, ada pula truk sel darah merah yang mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Komik yang ber-genre action fantasy ini bercerita tentang penyerangan Hely, Campy dan Noro ke kota Organopolis. Mereka bertiga adalah kuman penyakit yang khusus menyerang lambung. Leucademy segera sigap menangkap mereka. Hely dan Campy berhasil ditangkap. Akan tetapi, Noro berhasil lolos. Bakteri yang berhasil ditangkap, akan ditahan sementara di distrik hati, sebelum  dilakukan detoksifikasi. Yaitu proses pembuangan dengan cara dipecah, dihancurkan lalu dibuang. Selanjutnya akan keluar dari tubuh menjadi kotoran berupa BAB (Buang air besar) atau sejenisnya.

Sementara itu, Norovirus pun semakin gencar membuat rusak distrik lambung. Norovirus berhasil merusak keseimbangan asam lambung dan mengaktifkan sistem pembuangan paksa makanan atau muntah. Norovirus adalah virus muntaber yang sulit disembuhkan. Terdapat perbedaan antara bakteri dan virus penyakit. Jika Hely dan Campy adalah bakteri yang berkembangbiak dengan cara membelah diri tanpa butuh inang. Sedangkan Norovirus termasuk virus yang berkembangbiak membutuhkan sel inang dari tubuh manusia untuk memperbanyak diri.

Diantara bakteri dan virus, yang paling bahaya adalah kuman virus. Memperbanyak diri dengan bantuan inang, berarti akan menyebabkan sel-sel tubuh hancur. Semakin banyak, maka akan semakin bahaya untuk tubuh. Dampak nya seperti gangguan keseimbangan asam lambung, pembuangan paksa makanan (muntah), diare, dll.

Sampai sini apakah sudah paham? Bisa dimengerti kan pelajaran IPA ini? hahaha. Asyik kan belajar melalui komik? Ikuti terus ceritanya dan subscribe komiknya di aplikasi Ciayo comic. Lalu share, like dan komen ya. Sekarang komik ini sedang hiatus, semoga bisa update season selanjutnya. aamiin.



sumber gambar : facebook Vasaana Studio