sumber : doc pribadi

Alhamdulillahilladzi bini’mati tatimusshalihat. Aku sudah menyelesaikan buku ini. Buku dengan tebal 340 halaman. Aku selesai membaca buku ini dalam waktu 4 bulan. Haha. Lama ya?

Menurutku, buku non fiksi itu bacanya harus pelan-pelan. Kalau bisa sekali baca 1 bab langsung dipraktikkan. Beda banget sama buku fiksi ya. Selalu membuat penasaran dan sulit untuk berhenti. Hehe. Saat membaca buku ini diselingi dengan membaca buku lain. Pantas saja lama ya. Hehe.

 

Buku yang sangat aplikatif

Terlihat dari sampul depan buku ini. Copy writing yang sangat menarik para pembaca. Bahkan orang yang aku kagumi juga ikutan membaca buku ini. Buku DK Wardhani penggagas kelas Belajar Zero Waste.

Aku bertekad akan memiliki buku ini. Semoga terwujud. Aamiin. Buku ini hasil meminjam dari adik. Terima kasih dek. 

sumber : doc pribadi
 

Buku ini berisi tips-tips untuk membangun dan merubah kebiasaan. Jika kamu memiliki kebiasaan buruk, baca buku ini. Jika kamu ingin mempunyai kebiasaan baik, baca buku ini.

 

Buku ini cocok untuk siapa ?

James Clear, si penulis buku, beberapa kali menyebutkan tentang orang yang :

  • Ingin memiliki kebiasaan olahraga
  • Ingin memiliki kebiasaan makan sehat
  • Ingin memiliki kebiasaan menulis
  • Ingin memiliki kebiasaan belajar
  • Ingin menang dalam suatu pertandingan
  • Ingin berhasil mencapai impiannya

Itu secara eksplisit ya. Sebenarnya masih banyak lagi. Tapi tidak disebutkan secara detail oleh James Clear. Intinya buku ini cocok untuk semua orang yang ingin sukses.

 

Setelah membaca buku ini, hal yang langsung aku praktikkan

James Clear memiliki teori untuk membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk. Teorinya ada 4 yaitu : ………….

sumber : doc pribadi


Berikut ini beberapa teori yang sudah aku praktikkan :

SATU. Menjadikannya tidak terlihat.  Saat aku ingin menulis blog, solat, tilawah. Maka, hp ku akan disimpan. Iya yang menyimpan aku sendiri. Simpan di bawah selimut atau di ruangan yang berbeda. Karena kalau  terlihat jadi pengen main hp. Hehe. 

BACA JUGA : Mau Baca Buku Digital Gratis? Cek Caranya Disini

 

DUA. Menjadikannya terlihat. Membawa tumblr kemana-mana. Saat kerja, tumblr gak pernah lepas. Supaya ingat minum air putih. Selain tumblr, benda-benda lainnya yang dijadikan terlihat dan mudah dijangkau yaitu laptop, Al-Qur’an, buku dzikir, dan sikat gigi.

TIGA. Membuatnya memuaskan. Aku tipe orang yang suka menunda-nunda. Lalu hal ini aku terapkan pada menulis. Jika sudah buat konten atau menulis selama 1 jam, maka imbalannya adalah menabung Rp 1000. Uangnya dikumpulkan untuk beli sesuatu. Hehe.

EMPAT. Menciptakan ritual motivasi. Jika saat waktu menulis, sedia minuman bisa matcha atau teh. Nah itu tandanya serius menulis. Fokus pada hal-hal untuk mendapatkan tulisan.

LIMA. Berkata dengan suara keras ingin melakukan apa. Misalnya setelah mandi, aku akan solat lalu menyiram tanaman. Karena memang beda efeknya antara berkata dengan suara terdengar dan suara dalam hati.

ENAM. Punya tempat/baju/alat khusus untuk kegiatan tertentu. Misalnya, ingin olahraga di rumah, ya pakai baju olahraga, bukan baju tidur. Ingin membaca buku, ya jangan di depan TV. Usahakan punya tempat khusus untuk membaca. Kalau saya, jika ingin menulis blog di meja kamar. Bukan di atas tempat tidur.

TUJUH. Lakukan hanya 2 menit saja. Bilang dengan suara keras, saya akan olahraga 2 menit saja. Karena diharapkan 2 menit tersebut hanya sebagai rangsangan saja. Supaya lebih semangat ke menit-menit berikutnya.

Dan masih banyak lainnya.

sumber : doc pribadi

 

Pranala penting dari buku Atomic Habits

Ini lah salah satu kelebihannya. Penulis memberikan pranala (link) agar bisa diakses para pembaca. Hal yang praktis bukan ? 

BACA JUGA :  Ya, Memang Aku Sedang Lelah

 

Penutup

Jika membaca buku ini, harus menyiapkan sticky note/ bookmark/ catatan kecil untuk menandai kalimat penting. Sepertinya hampir semua kalimatnya penting deh. Hahaha. Banyak banget yang aku tandai. 

BACA JUGA : Capek Gini Terus. Pengen Nikah Aja

sumber : doc pribadi
 

Aku menyadari bahwa membaca buku ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk menggapai impianku. Selanjutnya adalah berdoa meminta padaNya. Aku tidak bisa mengandalkan diri sendiri.

Sebelum menulis berdoa dulu, meminta kemudahan. Setelah menulis mengucapkan , Alhamdulillah. Ya begitulah kebiasaan baik orang islam. Kamu juga kan? 

 

Terima kasih sudah membaca.

Jika bermanfaat share dan komen artikel ini ya.

Salam literasi  ^^

 

Identitas buku

Penulis : James Clear

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit : cetakan pertama 2019

Jumlah hal : 340 halaman

ISBN : 978-602-06-3317-6

Untuk usia : 16+

Genre : self-improvement 

sumber : doc pribadi