Tulisan sebelumnya (bagian 1) 

Perjalanan membaca ku di tahun 2022, banyak dibantu oleh aplikasi ipusnas. Aku membaca buku yang tersedia di aplikasi ipusnas via mobile (lewat smartphone).

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan ipusnas. Ayo ayo kita berkenalan dulu ya.

-Perkenalkan namaku iPusnas-

Ipusnas atau singkatan dari internet perpustakaan
Tersedia versi Android, iOS dan dekstop. Mulai bisa diakses online pada era pemerintahan Pak Joko Widodo. Berikut link aplikasi versi Android .....

Aplikasi yang dominan biru ini, mewajibkan pengguna nya untuk log in terlebih dahulu. Bisa menggunakan alamat email atau facebook. Alhamdulillah gratis, tidak ada biaya pendaftaran.



-Kelebihan aplikasi iPusnas-

1. Bisa diakses (dalam jaringan/daring) online maupun (luar jaringan/luring) offline. Namun, sebelum membaca buku harus unduh yang berarti tersambung koneksi internet. Sesudahnya bisa membaca tanpa kuota. asyik kan?

2. Aplikasi ini gratis ya gaes. Mau baca buku apapun gratis. Tanpa dipungut biaya peminjaman ataupun biaya keanggotaan perpustakaan.

3. Alhamdulillah, banyak buku popular tersedia di iPusnas. Seperti novel laut bercerita, Tere Liye, Eka Kurniawan dan masih banyak lainnya. Tapi, jika ingin mencari buku popular tersebut jangan dari kategori ya. Langsung saja cari di kolom pencarian.

4. Tersedia rating buku dan juga ulasan dari para pembaca nya. Umumnya ulasan yang saya temukan adalah memuji buku dan meminta segera dikembalikan bukunya.

pic : rating buku di iPusnas

pic : ulasan pembaca buku di iPusnas


5. Tersedia fitur membaca yang beragam. Halaman scroll ke samping atau ke bawah atas. Juga tersedia efek seperti halaman yang sedang dibuka. Tulisan bisa di pembesar. Serta bookmark halaman dan mode gelap/terang.

pic : fitur membaca di iPusnas


6. Selain buku juga menyediakan jurnal. Tinggal ketik saja judulnya di kolom pencarian. Artikel juga ada. Contohnya seperti terbitan Mojok. Hanya 16 halaman saja.

Kekurangan iPusnas insyaallah diterbitkan besok. Tulisan bersambung... 




Terima kasih telah membaca.
Semoga bermanfaat.
Salam literasi XD